RPP
Keterampilan yang di latihkan
Komponen ketrampilan yang di kontrakkan
1. membuka pelajaran
2. menyampaikan materi
3. menutup pelajaran
Standar Kompetensi:
Memahami perbedaan motor bensin 2 tak dan 4 tak
Kompetensi Dasar:
Menganalisis cara kerja motor 2 tak dan 4 tak
Indikator:
Memahami pengertian motor bensin
Mengetahui perbedaan motor 2 tak dan 4 tak
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari materi ini diharapkan peserta didik dapat:
1. Mengetahui pengertian motor bensin
2. Memahami cara kerja motor bensin
Materi Ajar:
1. Pengertian motor bensin
2. Cara kerja motor bensin
3. Perbedaan motor 2 tak dan 4 tak
Langkah-Langkah Pembelajaran:
Tahapan | Kegiatan | Waktu | |
Guru | Siswa | ||
Kegiatan awal | memeriksa kesiapan ruang, alat, dan media memeriksa kesiapan siswa melakukan kegiatan apersepsi menggambarkan tujuan rencana kegiatan | Menyiapkan diri mendengarkan | 3’ |
Kegiatan inti | menyampaikan materi pembelajaran melakukan tanya jawab materi pembelajaran memberikan tugas kelompok menilai hasil pekerjaan | Mendengarkan Bertanya-jawab Mengerjakan | 10’ |
Kegiatan akhir | merangkum pembelajaran melaksanakan tindak lanjut berupa pemberian tugas untuk remidi dan pengayaan | merangkum | 2’ |
Alat dan sumber belajar
Papan tulis dan spidol
Evaluasi
Kesan sesudah pengajaran
Kesan setelah diskusi dengan pengamat
Sukaharjo, April 2009
Pembimbing Calon guru